Senin, 25 April 2022

Menceritakan pengalaman berkaitan dengan (seni dan desain)

Seni desain adalah suatu seni untuk membuat atau menciptakan obyek baru. Desain atau design dapat diartikan sebagai karya seni terapan, seni industri, seni guna, arsitektur, dan berbagai pencapaian kreatif lainnya.

Seni desain merupakan aktivitas  yang menggunakan unsur obyektif dalam mengaplikasikan gagasan visualnya. Unsur obyektif karya seni desain diantaranya adalah rekayasa, estetik, pasar, bahan, produksi dan lain sebagainya.

Hal yang membuat saya tertarik dengan seni dan desain dimulai sejak sekolah dasar, pada saat itu pelajaran menggambar, guru saya memberikan tugas menggambar ikan lumba-lumba. Saya mencontoh gambar hewan lumba lumba yang sudah ada di buku pelajaran. Pada saat mengerjakan gambar tersebut saya merasa enjoy dan puas dengan hasilnya, nilai yang saya dapatkan pun sangat baik, bahkan guru saya tidak percaya kalau itu gambar yang saya buat sendiri. Mulai dari situ saya menyukai menggambar, tetapi tidak saya tekuni lebih dalam. Sampai akhirnya saya memutuskan untuk kuliah, awalnya saya bingung ingin mengambil jurusan apa, sampai akhirnya saya memutuskan untuk mengambil jurusan Desain Komunikasi Visual. Saya banyak mencari tau apa saja yang akan dipelajari di jurusan ini, dan ternyata sesuai dengan apa yang saya sukai, didalamnya terdapat gambar menggambar. Akhirnya saya menekuni kembali kegemaran saya dalam menggambar. Walaupun begitu saya masih perlu banyak belajar untuk dapat menghasilkan gambar atau karya yang baik, yang dapat dinikmati. 

Belakangan saya banyak menemui pameran pameran karya seni dan desain di kota Yogyakarta, hal itu membuat saya semakin tertarik untuk mempelajari seni dan desain agar jika saya mendatangi suatu pameran seni saya tidak hanya datang dan berfoto tetapi saya juga dapat mengerti dan menikmati apa arti dari karya tersebut. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar