Analisis Visual Branding Konten Digital Karin Novilda (Awkarin)
Tulisan ini akan menganalisis visual branding dari konten digital milik konten kreator Karin Novilda atau yang lebih dikenal dengan nama Awkarin.
ABSTRAK
Visual Branding adalah pengaruh yang diakibatkan oleh suatu bentuk visual untuk mendiferensiasikan brand. Diferensiasi artinya membedakan brand tersebut dari brand kompetitor, sehingga dapat terlihat dan dirasakan menonjol dibanding yang lain dan memiliki nilai reminding yang tinggi. Kegunaan visual branding pada dasarnya adalah untuk mendiferensiasikan brand, membuatnya berbeda, dan menonjol dari kompetitor. Visual branding dapat meningkatkan product demand, product awareness, dan brand awareness jika dibangun dengan baik dan tepat.
1. Apa itu visual branding pada thumbnail
Thumbnail adalah istilah yang sudah tak asing ketika menggunakan internet. Thumbnail adalah bagian yang digunakan saat mengunggah video, blog, atau konten tertentu. Peran thumbnail adalah menjadi kesan utama bagi para audiens. Thumbnail adalah bagian penting jika ingin memikat penonton atau pengakses di internet. Bisa diibaratkan, thumbnail adalah sampul sebuah buku. Dalam tampilan tertentu, thumbnail adalah miniatur dari sebuah gambar atau halaman. Thumbnail adalah miniatur halaman atau gambar yang digunakan untuk mengidentifikasi file berdasarkan isinya. Ketika thumbnail diklik, ia akan membuka file. Thumbnail di internet juga bertanggung jawab atas kesan pertama konten web seperti gambar dan video. Thumbnail digital mewakili versi yang lebih besar dari gambar yang sama, gambar mini juga biasanya berfungsi sebagai tautan ke gambar yang lebih besar. Misalnya, mengklik thumbnail pada halaman hasil pencarian Gambar Google akan membuka halaman yang menyertakan gambar ukuran penuh. Demikian pula, mengklik dua kali gambar mini di browser foto biasanya akan menampilkan versi ukuran penuh. Thumbnail yang digunakan di YouTube harus menarik perhatian penonton dalam beberapa detik. Di YouTube, fungsi thumbnail adalah mendorong penonton untuk mengklik video. Untuk YouTuber, thumbnail yang sukses adalah cara terbaik untuk mendapatkan klik, tampilan, dan mungkin subscriber baru.
2. Siapa itu Karin Novilda (Awkarin)
Karin Novilda Sulaiman (lahir 29 November 1997) adalah seorang selebriti internet, Youtuber, model, pengusaha dan penyanyi berkebangsaan Indonesia. Asal-usul nama awkarin, Pada awalnya, ia ingin memberi nama akunnya dengan Awkward Karin. Menurut pengakuannya, ia sempat tidak bisa berkomunikasi di depan orang banyak ataupun di depan kamera. Karena itu, ia digolongkan sebagai orang yang awkward menurut Bahasa Inggris, yang dalam Bahasa Indonesia diartikan sebagai “canggung”. Oleh karena itu, ia memutuskan untuk memakai nama pengguna @awkwardkarin di salah satu akun media sosialnya. Namun, menurutnya, nama tersebut terlalu panjang. Ia pun menyingkat kata awkward menjadi awk saja. Karena “Karin” merupakan nama depannya, maka huruf K pada kata awk dihilangkan, sehingga terbentuklah nama “Awkarin”.
3. Pentingnya mengkaji konten youtube Karin Novilda
Selebgram Karin Novilda alias Awkarin kini kerap menjadi sorotan. Dirinya banyak dipuji karena melakukan banyak hal yang positif. Padahal, dulu Awkarin kerap dibully karena banyak kontroversi dan viral setelah posting video putus cinta. Sosok Awkarin yang awalnya viral karena menangis diputuskan pacar dan banyak dibenci karena beragam kontroversi, kini menjelma jadi sosok yang dipuja. Awkarin adalah salah satu selebgram terkenal di Indonesia. Kehidupan sehari-harinya selalu menjadi sorotan publik terutama oleh para penggemar yang usianya masih belia. Instagram milik Awkarin adalah salah satu Instagram yang memiliki banyak followers di Indonesia. Awkarin sendiri mempublikasikan kehidupannya melalui akun Youtube miliknya yang selalu ditonton banyak orang.
Pada akun youtube miliknya, awkarin tidak hanya menyuguhkan tayangan tentang kehidupannya, ia juga menyuguhkan tayangan mengenai edukasi, hiburan, pariwisata, fashion dan podcast. untuk menarik minat dari tayangan youtube miliknya, awkarin selalu menampilkan visual thumbnail yang menarik, ia memberikan judul pada thumbnail dengan warna yang cerah serta menampilkan wajah dari pengisi tayangan dikonten youtubenya. thumbnail yang menarik akan sangat berpengaruh pada minat penonton youtube untuk melihat tayangan youtube tersebut. thumbnail yang dihadirkan pada youtube awkarin menggunakan perpaduan warna warna pastel seperti pink fuchsia, kuning medallion, biru, hitam dan putih. perpaduan warna dengan judul pada thumbnail yang menarik membuat penonton youtubenya menembus angka puluhan, ratusan ribu bahkan jutaan penonton.
4. Menganalisis Konsep Desain Pada Thumbnail Youtube Awkarin Menggunakan Teori Semiotika
Awkarin merupakan seorang influencer sekaligus konten kreator yang sudah memiliki nama besar di Indonesia, eksistensinya sebagai seorang influencer dan konten kreator yang penuh dengan kontroversi menjadikan dirinya dikenal dikalangan remaja hingga dewasa. awkarin menampilkan kehidupannya yang tidak terlepas dari kebebasan dan kemewahan sebagai seorang remaja. hal ini menjadikan konten youtubenya banyak dilihat dan diminati oleh kalangan remaja. bukan hanya tentang kehidupannya yang banyak menuai kontrovesri, awkarin juga menampilkan tayangan mengenai pariwisata, ia bersama dengan teamnya mengunjungi tempat-tempat wisata yang masih sedikit peminatnya. hal yang dilakukan oleh awkarin ini dapat membantu meningkatkan pariwisata di Indonesia. dengan mengenalkan tempat wisata yang belum banyak terjamah, dengan tampilan kualitas video yang baik, awkarin berhasil menarik minat masyarakat atau penonton youtube untuk menonton bahkan mengunjungi tempat wisata tersebut. Thumbnail Youtube Awkarin dikaji dengan teori semiotika untuk mengenali tanda-tanda yang ada serta mengetahui bagaimana eksistensi tayangan youtube awkarin dapat terus diminati oleh penikmat youtube. dengan menghubungkan semiotika dengan thumbnail konten youtube milik awkarin, kita dapat mengenali bagaimana penonton youtube mengetahui dan mengenali konten tersebut milik dari awkarin, bagaimana penonton youtube tetap memiliki minat untuk menonton konten youtube milik awkarin, serta bagaimana awkarin tetap menjaga eksistensinya sebagai seorang youtuber.
5. Semiotika Menurut Para Ahli
semiotika adalah sebuah disiplin ilmu dan metode analisis yang dapat mengkaji tanda-tanda yang terdapat pada suatu objek untuk diketahui makna yang terkandung dalam objek tersebut. semiotika terdiri atas sekumpulan teori tentang bagaimana tanda-tanda merepresentasikan benda, ide, keadaan situasi, perasaan dan kondisi diluar tanda-tanda itu sendiri. Pendekatan semiotik merupakan sebuah pendekatan yang memiliki sistem sendiri, berupa sistem tanda. Tanda itu dalam sastra khususnya sastra tulis diberikan dalam suatu bentuk teks, baik yang terdapat di dalam struktur teks maupun di luar struktur teks karya tersebut. Tanda-tanda dalam karya sastra tulis mempunyai banyak interpretasi makna dan memiliki pluralitas makna yang luas tergantung kepada para pembaca Ketika memberi penilaian terhadap teks karya yang dikaji. Setiap pembaca sastra harus menyadari bahwa ia sedang berhadapan dengan teks yang berbeda dengan teks yang lain. Makalah ini akan membahas kajian semiotik dalam karya sastra asing. Model teoretis yang digunakan adalah model Roland Barthes meliputi pendekatan semiotik, semiologi Roland Barthes, dan penerapannya dalam karya sastra asing berbahasa Prancis.
RUMUSAN MASALAH
1. Bagaimana konsep desain pada thumbnail ini dapat menarik dilihat oleh penonton youtube
Thumbnail Youtube adalah hal pertama yang dilihat penonton saat menjelajahi saluran Youtube. Thumbnail merupakan kilasan dari isi keseluruhan video dan menjadi faktor besar dalam menentukan apakah mereka akan menontonnya atau tidak. Sehingga dalam pembuatannya, thumbnail haruslah dibuat semenarik mungkin. Thumbnail Youtube sama seperti sampul buku untuk video Youtube. Ini adalah hal pertama yang orang perhatikan sebelum memutuskan apakah mereka akan mengklik video, atau terabaikan begitu saja di tengah kepungan video lain.
Youtube melaporkan bahwa 90% video dengan kinerja terbaik di Youtube memiliki thumbnail khusus. Sehingga, tidak menggunakan thumbnail khusus pada video akan membuat kehilangan peluang besar untuk mendapatkan perhatian dari penonton.
Elemen-elemen apa saja yang merupakan bagian dari setiap thumbnail YouTube.
a. headshot yang ekspresif
Mata manusia lebih tertarik pada pada gambar wajah yang terlihat di layar kaca, terutama wajah-wajah yang penuh ekspresi. Kenapa? Karena ekspresi wajah dapat membuat orang penasaran tentang alasan di balik ekspresi yang dipancarkan, sehingga menggugah penonton untuk memutar video. Ini sebabnya mengapa banyak Youtuber memiliki gambar close-up wajah (headshot) mereka sebagai thumbnail
Namun, perlu dicatat bahwa gambar latar belakang thumbnail tidak harus berupa close-up wajah. Bisa menggunakan gambar yang sesuai dan menarik berdasarkan jenis video yang dibuat. Contoh lain adalah jenis video web-series. Kemudian, yang terpenting lagi adalah dimensi gambar yang digunakan. Besar dimensi gambar yang disarankan yaitu 1920 x 1080.
b. Teks tebal dan besar
Langkah ini penting, karena selain gambar yang ditampilkan, teks berperan untuk mendeskripsikan isi video kepada penonton. Anda bisa menggunakan frasa yang mudah diingat, atau bahkan hanya judul video itu sendiri. Ingat bahwa orang-orang lebih cenderung membaca teks pada gambar thumbnail daripada teks dalam kolom deskripsi di bawah video Youtube. Salah satu tipsnya, anda bisa membiasakan penonton dengan brand dan konten video. Cara yang baik untuk melakukan ini adalah konsisten dengan gaya font yang sama dan warna yang mengesankan.
c. Menambahkan efek stiker ke subjek utama
Anda dapat menambahkan stiker untuk membuat tampilan subjek utama lebih menonjol. Hal ini berguna untuk menciptakan desain yang kuat untuk thumbnail video Youtube anda.
d. Teknik kontras dalam desain thumbnail
Memasukkan teks sebagai judul video adalah penting. Tetapi, jika penonton tidak bisa membacanya, lalu apa gunanya? Di situlah teknik kontras dalam desain thumbnail berperan. Meski ada banyak jenis kontras yang berbeda, yang paling penting untuk dipertimbangkan adalah kontras warna. Misal, katakanlah, hitam dan putih memiliki kontras yang tinggi, sedangkan merah dan jingga memiliki kontras yang rendah.
Perhatikan contoh berikut:
Ini adalah teknik dasar yang selalu efektif digunakan oleh banyak Youtuber saat membuat thumbnail yang clickable.
2. Bagaimana pesan yang terdapat pada konten youtube ini tersampaikan dengan baik
Awkarin menambahkan informasi-informasi dengan menggunakan bahasa sehari hari yang mudah dipahami disertakan dari sumber sumber yang valid. Supaya pesan berjalan efektif, Awkarin memberikan konteks yang tepat menjadi hal yang menarik perhatian viewer. Isi pesan mengandung sesuatu yang berarti dan penting untuk diketahui oleh viewers. Cara penyampaian pesan atau informasi perlu dirancang secara cermat sesuai dengan karakteristik penonton konten youtubenya. Pesan yang awkarin sampaikan ditata sesuai dengan diri komunikan yang akan dijadikan sasaran. Pesan yang yang disampaikan menggunakan tanda-tanda yang tertuju kepada pengalaman yang sama antara awkarin dan viewers, sehingga pesan yang disampaikan dapat lebih mudah dimengerti dan tersampaikan dengan baik oleh penonton youtubenya.
3. Bagaimana menganalisis konsep desain pada thumbnail youtube menggunakan teori semiotika
Thumbnail Youtube Awkarin dikaji dengan teori semiotika untuk mengenali tanda-tanda yang ada serta mengetahui bagaimana eksistensi tayangan youtube awkarin dapat terus diminati oleh penikmat youtube. dengan menghubungkan semiotika dengan thumbnail konten youtube milik awkarin, kita dapat mengenali bagaimana penonton youtube mengetahui dan mengenali konten tersebut milik dari awkarin, bagaimana penonton youtube tetap memiliki minat untuk menonton konten youtube milik awkarin, serta bagaimana awkarin tetap menjaga eksistensinya sebagai seorang youtuber. Awkarin menampilkan konsep thumbnail pada youtubenya dengan menggunakan tampilan teks, gambar, kontras warna pada gambar serta judul pada youtubenya dengan sedetail dan semenarik mungkin. Pada beberapa video youtubnya dengan judul dan konsep yang berbeda awkarin membuat perbedaan warna dan jenis font yang menonjol, hal itu membuat tampilan youtubenya menarik dan tidak membosankan. Awkarin terus menghadirkan inovasi pada setiap thumbnail youtubenya untuk tetap mempertahankan penonton youtubenya.
Kajian Literatur
1. Jurnal Pengantar Tinjauan Desain : dalam perspektif Archer (1976) menyebutkan bahwa desain salah satu pemecah sebuah masalah dengan satu target yang jelas. Desain sendiri sudah menjadi bentuk kebutuhan manusia dalam badani maupun rohani yang digunakan dalam setiap bidang sesuai kebutuhan seperti keahlian, pengalaman, maupun ilmu pengetahuan dengan mengapresiasi sekeliling, terlebih yang berhubungan dengan bentuk, komposisi, warna, arti, nilai dengan berbagai tujuan. Sementara itu, Robert Venturi meringkas secara sederhana tentang pergeseran paham desain yang lebih menekankan pada penanda serta pemaknaan baru dengan aspek utamanya berpusat pada psikologis manusia. Desain yang tidak memiliki batas pasti dengan lingkup yang memungkinkan untuk dipecahkan oleh kreatifitas manusia. Kini profesi desain sudah mengalami perkembangan di dunia internasional seperti Desain Produk Industri, Desain Grafis, Desain Interior, Desain Multimedia, Desain Komunikasi Visual. Yang mana masing-masing profesi tersebut memiliki sejarah dan wilayahnya tersendiri. Desain suatu tatanan bentuk gabungan dari interaktif-sinergis antar manusia, alam serta lingkungan dengan arti yang begitu luas. Maka dari itu desain dengan segala permasalahannya diyakini memiliki makna tersendiri, terlebih jika dilihat dari unsur kesejarahannya. Untuk mempermudah pemahaman, dapat disimpulkan secara sederhana bahwa desain dinilai semakin penting dalam peradaban manusia masa kini guna menunjang pertumbuhan industri, ekonomi, bahkan kualitas hidup yang dengan artian karya desain tersebut tak dapat mengelak dari tanggungjawab serta moral masyarakat sekitar yang dapat diintrepetasi keberadaannya sebagai sebuha karya yang bermakna.
2. Jurnal Semiotika Dalam Metode Penelitian Komunikasi : (Eco dan Hoed dalam Sobur, 2003) menyebutkan bahwa pada kajian semiotika terdapat dua jenis yang membedakan, yaitu semiotika komunikasi dan semiotika signifikasi. Semiotika komunikasi dengan penekanan pada teori yang berhubungan mengenai tanda yang salah satunya diasumsikan memiliki faktor dalam komunikasi, sedangkan semiotika siginifikasi lebih mengutamakan segi pemahaman pada tanda sehingga penerima tanda lebih diperhatikan. Semiotika sendiri suatu ilmu yang mempelajari serta mengkaji tanda-tanda dengan suatu ilmu maupun metode analisis. Penggunaan semiotika saling berhubungan dengan cara berfungsi, hubungan dengan tanda lain, pengirim dan penerima. Semiotika sendiri mempelajari sistem, aturan, bahkan konvensi yang memungkinkan bahwa tanda tersebut memiliki sebuah arti tersendiri. Menurut Tinarbuko (2008), semiotika memiliki dua tokoh besar, yaitu Ferdinand de Saussure dan Charles Sander Peirce. Yang mana kedua tokoh tersebut mengembangkan ilmu semiotika dengan cara yang terpisah dan keduanya bahkan tidak saling mengenal satu sama lain. Dengan latar belakang keilmuan yang dikembangakn berbeda, yang mana Saussure mengembangkan ilmu semiologi yang didasari pada perbuatan dan tingkah laku manusia dapat membawa makna sebuah tanda. Sedangkan Peirce menyebutnya sebagai semiotika yang mana penalaran manusia senantiasa dilakukan lewat sebuah tanda. Dan dalam perkembangannya, istilah penyebutan semiotika lebih populer daripada semiologi. Tradisi semiotika memiliki unsur yang saling berkumpul antar teori tentang bagaimana sebuah tand abis amerepresentasikan benda, ide, sitausi, bahkan keadaan. Semiotika sendiri tentang bagaimana memperkaya pemahaman manusia terhadap teks yang bersifat interpretatif, dengan dua aliran besar yang berpengaruh dan saling berdominan di Eropa-Amerika Utara.
3. Jurnal Rancang Bangun Game Edukasi Tempat Bersejarah Di Indonesia : Dalam perspektif Wulandari (2012) menjabarkan bahwa kata game diambil dari kata Bahasa Inggris yang artinya permainan. Permainan sendiri dapat dikatakan jika dimainkan dengan adanya peraturan yang akan digunakan dalam permainan tersebut. Menurut Sadiman (2010) game suatu kompetisi antar pemain yang saling berinteraksi satu sama lain dengan adanya aturan untuk mencapai tujuan tertentu pula. Dengan pemain yang harus bisa menemukan startegi untuk memecahkan masalah guna memenangkan game tersebut. Sedangkan video game adalah permainan yang dimainkan dengan media elektronik dengan banyak keunggulan sehingga menarik perhatian dan memberikan kepuasan batin kepada yang memainkannya. Melalui berbagai perkembangan game kini sudah beranjak naik dan menyebar dan munculah game-game bergenre baru yang diciptakan demi menarik perhatian masyarakat guna mencapai pangsa marketing. Mulai dari game edukasi, fantasi, thriller, horror, dan lain-lain. Game yang memiliki perkembangan panjang dengan tujuan untuk refreshing yang tidak berkonteks serius serta sebagai sarana pembelajaran. Sebagai contoh game edukasi yang memiliki tujuan sebagai media edukasi yang memiliki pola pembelajaran learning by doing. Dimana pemain dituntut untuk belajar guna memecahkan masalah yang ada. Dengan keunggulan dalam beberapa aspek untuk dapat menunjang proses pendidikan.
Daftar Isi
https://mirmagz.com/2021/03/24/teori-hermeneutika-hans-georg-gadamer/
https://core.ac.uk/download/pdf/144237189.pdf
https://fisip.umsu.ac.id/2021/06/09/apa-itu-semiotika/
https://pps.unj.ac.id/publikasi/dosen/ninuk.lustyantie/16.pdf
https://crafters.getcraft.com/id-articles/tips-membuat-thumbnail-youtube-agar-lebih-menarik
Tidak ada komentar:
Posting Komentar